VISI PROGRAM STUDI DIII SANITASI

“Menjadi Program Studi Berbasis Pesisir dan Pertambangan yang Unggul  Berwirausaha dalam Pengembangan Riset dan Teknologi Sanitasi Tahun 2025“

MISI PROGRAM STUDI DIII SANITASI

  1. Menyelenggarakan Program Studi berbasis Kompetensi di Bidang Sanitasi Pesisir dan Pertambangan yang mengikuti perkembangan global.
  2. Mengembangkan Program Studi berbasis Penelitian yang mempunyai Daya Ungkit dan Daya kait serta berkarakter dalam meningkatkan mutu pendidikan dan layanan sanitasi di lingkungan pesisir dan pertambangan.
  3. Menyelenggarakan Program Pengabdian Masyarakat melalui Penerapan IPTEK di bidang Sanitasi Pesisir dan Pertambangan.
  4. Mengembangkan upaya kemitraan dan kewirausahaan di bidang sanitasi pesisir dan pertambangan dalam menunjang peningkatan mutu pendidikan dan kesejahteraan masyarakat.

TUJUAN PROGRAM STUDI DIII SANITASI

  1. Menghasilkan lulusan yang handal, berbudi pekerti luhur, berwawasan sanitasi yang humanis, berjiwa wirausaha, serta memiliki pemahaman yang mendalam serta keterampilan yang memadai tentang ilmu dan teknologi sanitasi pesisir dan pertambangan sehingga mampu bersaing, berkolaborasi, dan beradaptasi dalam kancah global.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan dan menerapkan produk-produk penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu dan teknologi sanitasi pesisir dan pertambangan sehingga mampu di terapkan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan institusi, masyarakat, dan kemajuan IPTEK.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu meningkatkan kualitas pelaksanaan Tridharma perguruan tinggi dengan tetap mengedepankan tata nilai dan tanggung  jawab profesional.

SASARAN PROGRAM STUDI DIII SANITASI

  1. Meningkatkan pengembangan potensi mahasiswa berbasis penalaran dibidang Enterpreuner.Tercapainya proses pembelajaran yang berkualitas dengan menekankan pada penguasaan ilmu-ilmu sanitasi serta keterampilan memanfaatkan kemajuan teknologi sanitasi sehingga lulusan memiliki jiwa wirausaha yang dapat menyelesaikan setiap permasalahan yang berkaitan dengan bidang keahliannya.
  2. Tercapainya lulusan yang memiliki kemampuan menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya untuk kegiatan produktif yang berwawasan sanitasi demi kesejahteraan masyarakat, bangsa dan almamater.
  3. Tercapainya kualitas dan kuantitas kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada produk-produk kreatif dan inovatif yang berwawasan sanitasi pesisir dan pertambangan.
  4. Terlaksananya sistem tata kelola program studi D3 Sanitasi yang transparan dan akuntabel dalam memberikan layanan prima dalam pelaksanaan tridharma perguruan tinggi.
  5. Terjalinnya hubungan yang baik dan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai lembaga/ institusi terkait baik lembaga internal maupun eksternal.